Sabtu, 28 Maret 2009

wisata kota jepara

Obyek Pariwisata Cetak E-mail

Selintas Museum RA. Kartini

Museum RA. KartiniMuseum RA Kartini terletak di pusat kota atu tepatnya di sebelah utara alun-alun kota Jepara. Museum RA Kartini termasuk jenis museum umum dan sekaligus sebagai obyek wisata sejarah yang dikelola oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jepara selaku Dinas Teknis yang ditunjuk oleh pemerintah daerah. Museum ini dibuka setiap hari dan sering dikunjungi para wisatawan baik wisata mancanegara (Wisman) maupun wisata nusantara (Wisnus). Museum RA Kartini didirikan pada tanggal 30 Maret 1975 pada masa pemerintahan Bupati Soewarno Djojomardowo, SH, sedangkan peresmiannya dilakukan pada tanggal 21 April 1977 oleh Bupati KDH Tingkat II Jepara, Soedikto, SH.

Pantai Kartini

Pantai KartiniObyek Wisata Pantai Kartini terletak 2,5 Km ke Arah barat dari Pendopo Kabupaten Jepara. Obyek Wisata ini berada di Kelurahan Bulu Kecamatan Jepara dan merupakan obyek wisata alam yang menjadi dambaan wisatawan. Berbagai sarana pendukung seperti dermaga, kolam pancing, motel, permainan anak-anak, lapangan tenis, Souvenir Shop dan lain-lain telah tersedia untuk para pengunjung. Suasana di sekitar pantai yang cukup sejuk memang memberikan kesan tersendiri buat pengunjung, sehingga tempat ini sangat cocok untuk rekreasi keluarga atau acara santai lainnya.

Ditempat ini pula para pengunjung dapat melepaskan lelah dengan duduk-duduk dibawah gazebo sambil menghirup udara segar bersama terpaan angin laut. Kawasan dengan luas lahan 3,5 ha ini merupakan kawasan yang strategis, karena sebagai jalur transportasi laut menuju obyek Wisata Taman LAut Karimun Jawa dan Pulau Panjang.

Pantai Tirta Samudra

Pantai Tirta Samudra atau yang dikenal dengan sebutan Pantai Bandengan terletak 7 Km senelah utara dari pusat kota. Pantai yang airnya jernih dan berpasir putih ini sangat cocok untuk lokasi mandi. Tak jarang para wisatawan yang dating sengaja melakukan mandi laut. Umumnya mereka anak-anak, remaja dan para wisatawan manca Negara. Biasanya saat yang paling disuka adalah pada waktu pagi hari dan di saat sore hari menjelang senja dimana akan tampak panorama sunset yang memukau.

Obyek Wisata Benteng Portugis di Jepara

Benteng Portugis yang terletak 45 Km di sebelah utara Kota Jepara menjadi salah satu obyek wisata andalan Kabupaten Jepara.

Dilihat dari sisi geografis benteng ini tampak sangat strategis untuk kepentingan militer. Benteng ini dibangun diatas sebuah bukit batu dipinggir laut dan persis didepannya Pulau Mondoliko.

Kepulauan Kariminjawa

Kepulauan Karimun JawaKabupaten Jepara terdiri dari 16 Kecamatan, salah satunya adalah Kecamatan Kariminjawa yang berjarak 45 mil laut dari Kota Jepara.

Daya tarik khusus bagi wisatawan

  • Panorama laut yang indah bagai telaga dengan gugusan kepulauan yang tersebar.
  • Hamparan pasir putih yang membentang di kawasan pantai maupun diseluruh pulau
  • Dapat melakukan kegiatan hiking, snorkeling, diving, Fishing/memancing, dayung dan sebagainya
  • Menikmati keindahan biota laut dengan aneka ragam ikan hias dan bermacam karang laur yang menarik.
  • Masih terdapat jenis satwa langka seperti menjangan, landak, trenggiling, ular kedor, burung garuda dan ikan lele tanpa patil.
  • Gunung dengan penghijauannya hutan tertutup yang masih perawan.
  • Dapat menyaksikan ikan hiu, kerapu, lemuna, tripang di keramba.
  • Bila perjalanan memakai kapal laut, dapat menikmati iringan ikan lumba-lumba di sebelah kapal

Air Terjun Songgo Langit

Air Terjun Songgo LangitObyek wisata ini terletak di Desa Bucu Kecamatan Kembang 30 Km sebelah utara dari Kota Jepara. Air terjun ini mempunyai ketinggian 80 meter dan lebar 2 meter . Panorama alam disekitar obyek wisata ini begitu indah dan udaranya cukup nyaman, sehingga cocok untuk acara santai atau kegiatan rekreasi lainnya. Ditempat ini banyak dijumpai kupu-kupu yang beraneka ragam. Untuk mencapai Air Terjun Songgo Langit dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 maupun roda 4 dengan komdisi jalan beraspal.

Kelenteng “Hian Thian Siang Tee” Welahan

Kelenteng "Hian Thian Siang Tee" WelahanKelenteng Welahan yang diberi nama “Hian Thian Siang Tee” terletak 20 Km ke arah selatan dari pusat kota Jepara, di Desa Welahan Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara, Sebuah desa yang menyimpan peninggalan kuno Tiongkok dan menjadi salah satu asset wisata sejarah di Jepara, dimana berdiri megah dua kelenteng yang dibangun seorang tokoh pengobatan dari Tiongkok bernama Tan Siang Boe bersama dengan kakaknya Tan Siang Djie, untuk menuju obyek wisata sejarah ini didukung dengan berbagai prasarana diantaranya jalan beraspal dapat menggunakan kendaraan roda 2 maupun roda 4 atau angkutan umum.

Anjungan Jepara di Puri Maerokoco Jawa Tengah

Anjungan Jepara di Puri Maerokoco dibangun berdasarkan Surat Gubernur Daerah Tingkat I Jawa Tengah Nomor :510.0/32442 tanggal 29 Agustus 1991 yang merupakan sarana informasi dan Promosi Kabupaten Jepara tentang produk andalan komoditi non migas yang berupa Industri Kerajinan dari Pariwisata. Luas Anjungan Jepara di Puri Maerokoco Semarang adalah 890.74 m2 yang terdiri:

  1. Bangunan Tradisional dengan luas bangunan 63 m3
  2. Pradonggo Birowo dengan luas bangunan 29,16 m2
  3. Selupture Palace dengan luas bangunan 9 m2
  4. Bangunan serba guna dengan luas bangunan 147 m2
  5. Gapura Mantingan dengan luas bangunan 12,75 m2

2 komentar:

  1. Kalo yg sejalur sama pantai bandengan kemana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus